Manfaat Sertifikasi Kalibrasi dan Keuntungan Memilikinya

manfaat sertifikasi kalibrasi

Reputasi adalah segalanya dalam bisnis, butuh waktu bertahun-tahun untuk bertambah dan hilang dalam sekejap. Untuk mempertahankan hubungan bisnis yang baik dan mendorong bisnis yang berulang, potensi risiko harus dimitigasi lebih awal, karena biaya untuk kesalahan bisa tinggi. Misalnya, jika Anda menjalankan beberapa situs untuk klien tertentu dan muncul pertanyaan tentang validitas data di satu situs, ini dapat menimbulkan efek riak di seluruh hubungan.

Sertifikasi kalibrasi merupakan salah satu manfaat untuk bisa mempertahankan reputasi kalibrasi di Indonesia. Dengan adanya sertifikasi kalibrasi, laboratorium kalibrasi bisa menentukan apakah hasil kalibrasi bisa dipertanggungjawabkan atau tidak. 

Apa saja manfaat sertifikasi kalibrasi yang lain? Mari kita cari tahu lebih lanjut di artikel ini!

Mengenal Sertifikasi Kalibrasi

Awalnya, kita tahu bahwa kalibrasi alat ukur harus dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Sertifikasi ini sangat penting untuk didapatkan. 

Ada laboratorium dan produsen peralatan yang tidak terakreditasi yang dapat menawarkan layanan kalibrasi dengan harga murah. Namun, jika Anda mengikuti rute ini, dan memilih untuk bergantung pada layanan kalibrasi dari perusahaan yang tidak terakreditasi, diaudit, atau sesuai dengan standar industri Anda, ketidakakuratan apa pun yang dihasilkan dapat membuat bisnis Anda kehilangan banyak uang dalam penarikan kembali dan kerusakan reputasi.

Manfaat Sertifikasi Kalibrasi

Untungnya, ketika Anda memilih untuk memilih dengan layanan kalibrasi lab terakreditasi, Anda dapat mengandalkan manfaat sertifikasi kalibrasi berikut yang menjamin Anda dan bisnis meningkat tingkat kepercayaannya untuk hasil kalibrasi, di antaranya:

  • Sertifikasi kalibrasi memberikan manfaat untuk jaminan dari lembaga independen bahwa suatu produk dihasilkan melalui sebuah sistem pengujian, pengendalian dan pengawasan yang efektif.
  • Konsumen mendapat jaminan bahwa produk telah sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan berlaku secara internasional dan nasional.
  • Khusus yang diwajibkan, label dari hasil penerapan prosedur sertifikasi SNI menunjukkan bahwa produk telah memenuhi ketentuan keselamatan dan keamanan kerja.
  • Manfaat sertifikasi kalibrasi yang terakhir adalah melindungi kompetisi produk bersertifikasi dengan produk yang tidak memenuhi standar.

Keuntungan Jika Memiliki Sertifikasi Kalibrasi

Memilih kalibrasi sangat penting untuk memilih laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi karena mereka sudah memiliki sertifikasi kalibrasi alat ukur. Saat Anda memilih layanan kalibrasi terakreditasi, Anda tahu prosedur yang digunakan untuk menilai keakuratan peralatan Anda sesuai dengan organisasi metrologi yang telah memberikan akreditasi ke lab tersebut.

Selain itu, pastinya manfaatnya dari segi akurasi. Dari tingkat kemahiran teknis hingga kondisi peralatan kalibrasinya, laboratorium terakreditasi telah diuji secara menyeluruh, dan keakuratannya telah diverifikasi melalui audit dan penilaian pihak ketiga yang independen. Di Indonesia yang menjadi pihak ketiga untuk melakukan audit akreditasi laboratorium kalibrasi adalah KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Selain layanan kalibrasi yang akurat, bisnis memerlukan akses siap pakai ke sertifikat terkini yang menunjukkan bahwa mereka telah secara konsisten memantau keakuratan instrumentasi pengukuran mereka.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa keuntungan jika memiliki sertifikasi kalibrasi untuk laboratorium kalibrasi ada dua, yaitu:

  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Meningkatkan daya saing produk

Kesimpulan

Memilih laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi sangat banyak manfaat yang didapatkan, manfaat sertifikasi kalibrasi inilah yang harus diketahui terlebih dahulu. Kepercayaan yang tinggi terhadap pelanggan kepada laboratorium kalibrasi bisa membuat citra laboratorium menjadi lebih bagus, dan membuat dunia metrologi di Indonesia bisa diakui secara internasional. Tidak hanya itu saja, mengetahui teknik kalibrasi alat ukur juga penting untuk Anda ketahui terlebih untuk saat ini.