Pengertian Pengujian Kalibrasi dan Kenapa Perlu Secara Berkala

pengujian kalibrasi

Pengujian kalibrasi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan di berbagai instansi. Pengujian kalibrasi sangat penting dalam berbagai aplikasi, termasuk di bidang industri, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesehatan. Dengan melakukan pengujian kalibrasi secara teratur, maka dapat dipastikan bahwa alat ukur atau instrumen yang digunakan dalam pengukuran memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan.

Apakah yang perlu Anda ketahui tentang pengujian kalibrasi? Mari kita pelajari lebih lanjut di sini.

Pengertian Pengujian Kalibrasi

Mari kita pelajari tentang pengertian dari pengujian kalibrasi. Pengujian kalibrasi adalah proses untuk memverifikasi dan memvalidasi apakah alat ukur atau instrumen yang digunakan menghasilkan hasil yang akurat dan konsisten dengan standar yang telah ditetapkan. Pengujian kalibrasi dilakukan untuk memastikan bahwa alat ukur atau instrumen dapat memberikan hasil pengukuran yang tepat, dan dapat diandalkan dalam pengukuran yang dilakukan.

Proses pengujian kalibrasi melibatkan pembandingan hasil pengukuran dari alat ukur atau instrumen dengan standar yang telah ditetapkan. Standar yang digunakan dalam pengujian kalibrasi haruslah akurat dan dapat diandalkan. Setelah hasil pengukuran dari alat ukur atau instrumen dibandingkan dengan standar, maka dilakukan perhitungan untuk menentukan kesalahan atau ketidakakuratan dalam hasil pengukuran.

Alat yang Perlu Pengujian Kalibrasi

Pengujian kalibrasi memang ada kaitannya dengan verifikasi alat ukur. Akan tetapi itu memang tidak berarti keduanya adalah hal yang sama. Kita tidak akan membahas tentang itu terlebih dahulu.

Akan tetapi, ada beberapa alat yang perlu Anda ketahui untuk dilakukan pengujian kalibrasi, di antaranya adalah memasuki kriteria seperti:

  • Peralatan Baru
  • Peralatan yang Sudah Selesai Diinstalasi
  • Peralatan yang Masih Dalam Operasional¬†
  • Peralatan yang Sudah Selesai Perbaikan
  • Peralatan yang Sudah Habis Masa Kalibrasinya
  • Peralatan yang Mengalami Kelainan, Walaupun Masa Kalibrasinya Belum Habis
  • Peralatan yang Hasil Pengamatan Masih Dipertanyakan

Mengapa Perlu Dilakukan Pengujian Kalibrasi Secara Berkala?

Jika memenuhi kriteria di atas, pengujian kalibrasi akan sangat berguna untuk bisa dilakukan. Ini biasanya bertujuan untuk bisa menentukan standar pengukuran agar akurat dan valid yang biasanya disebut dengan parameter kalibrasi.

Selain itu, beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk dilakukannya pengujian kalibrasi secara berkala adalah sebagai berikut:

  • Agar Alat Memenuhi Standar Internasional / Nasional
  • Mengurangi Resiko Kegagalan Alat
  • Meningkatkan Akurasi Alat
  • Menghemat Biaya Audit

Kesimpulan

Jika hasil pengujian kalibrasi menunjukkan bahwa alat ukur atau instrumen tidak menghasilkan hasil yang akurat atau sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, maka dilakukan kalibrasi untuk menyesuaikan atau menyetel kembali alat ukur atau instrumen agar dapat menghasilkan hasil pengukuran yang lebih akurat.

Sebegitu pentingnya pengujian kalibrasi yang bahkan bisa merambat sampai dengan ke materi yang lainnya tentang kalibrasi. Jadi, jangan sepelekan pengujian kalibrasi terutama untuk peralatan yang masih baru.