Mengenal Penggunaan Ruang Lingkup Kalibrasi Tekanan!

Ruang Lingkup Kalibrasi Tekanan

Semua alat pengukur yang digunakan dalam aplikasi kritis harus dikalibrasi secara berkala agar tetap berada dalam toleransi spesifikasi pabrikannya. Kalibrasi adalah perbandingan pengukuran tekanan perangkat yang diuji dengan standar referensi secara nasional dan internasional yang berlaku.

Sensor tekanan dapat ditemukan dalam instrumen seperti indikator dan pengontrol dan semuanya harus dikalibrasi untuk meminimalkan kemungkinan kesalahan pembacaan. Artikel ini akan berfungsi sebagai panduan untuk Anda bisa memahami apa saja yang menjadi alat ukur yang ada di dalam ruang lingkup kalibrasi tekanan dan mengapa itu sangat penting untuk dilakukan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Berikut Contoh Alat Ukur Ruang Lingkup Kalibrasi Tekanan

Daripada Anda masih bingung dengan kalibrasi dengan ruang lingkup tekanan, ada baiknya untuk mempelajarinya dengan berbagai contoh alat ukur yang ada di ruang lingkup ini mana yang harus dilakukan kalibrasi secara berkala.

Sebenarnya ada banyak sekali alat ukur yang ada di dalam ruang lingkup tekanan, akan tetapi di bawah ini sangat cukup untuk membantu Anda memahami beberapa alat ukur di ruang lingkup ini yang harus dilakukan kalibrasi.

Kalibrasi Pressure Gauge

Dalam kalibrasi tekanan, ada penanganan khusus untuk pressure gauge. Kalibrasi pressure gauge mendefinisikan proses yang berbeda untuk kelas akurasi perangkat yang berbeda. Ini juga menentukan siklus latihan, jumlah siklus dan titik dan juga waktu minimum untuk berapa lama menahan tekanan sebelum melakukan pengukuran.

Kalibrasi Test Gauge

Kalibrasi test gauge atau pengukur tekanan adalah proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan pengukur tekanan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pengukur tekanan memberikan pengukuran yang andal dan akurat, yang sangat penting dalam berbagai aplikasi seperti industri manufaktur, minyak dan gas, dan lain-lain.

Kalibrasi Pneumatic Pressure Gauge

Selanjutnya ada pneumatic pressure gauge. Alat yang sangat penting untuk dilakukan kalibrasi ini menjadi salah satu contoh alat ukur ruang lingkup kalibrasi tekanan. Kalibrasi pneumatic pressure gauge merupakan proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan pengukur tekanan yang mengukur tekanan pneumatik.

Pneumatic pressure gauge umumnya digunakan dalam aplikasi seperti sistem kontrol pneumatik, kompresor udara, dan alat pneumatik. Kalibrasi penting untuk memastikan bahwa pengukur memberikan pembacaan yang akurat dan andal, yang penting untuk pengoperasian yang aman dan efisien.

Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge

Kalibrasi hydraulic pressure gauge yaitu proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan pengukur tekanan hidrolik. Pengukur tekanan hidrolik digunakan untuk mengukur tekanan cairan dan gas dalam sistem hidrolik. Seiring waktu, pengukur ini mungkin menjadi tidak akurat karena keausan, paparan lingkungan yang keras, atau penanganan yang tidak tepat.

Kalibrasi Barometer

Kalibrasi barometer adalah proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan barometer. Barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer. Penting untuk mengkalibrasi barometer secara teratur untuk memastikan pengukuran yang akurat dan prakiraan cuaca yang andal.

Kalibrasi Altimeter

Kalibrasi altimeter adalah proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan altimeter. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian, yaitu ketinggian di atas permukaan laut. Altimeter umumnya digunakan dalam penerbangan, hiking, dan mendaki gunung.

Kalibrasi Pressure Transmiter

Selanjutnya ada pressure transmitter. Pressure transmitter mengirimkan data berupa signal elektronika, signal ini merupakan signal standard, dalam instrumentasi diketahui beberapa ragam signal standard seperti signal elektrik, signal pneumatic, signal digital, field bis, profibus, dan lain-lain. Karena kepentingan dari alat ukur ini, maka harus ada kalibrasi pressure transmiter

Kalibrasi Test Valve

Kalibrasi test valve adalah proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan katup uji. Katup uji adalah alat yang digunakan untuk menguji tekanan dan integritas pipa, bejana tekan, atau sistem fluida lainnya.

Kalibrasi Safety Valve

Alat keamanan adalah salah satu yang harus diperhatikan pengukurannya, harus selalu presisi, salah satunya adalah safety valve. Kalibrasi safety valve adalah bagaimana untuk memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan katup pengaman. Katup pengaman adalah jenis katup pelepas tekanan yang digunakan untuk melindungi peralatan dan sistem dari tekanan berlebih.

Kalibrasi Manometer

Kalibrasi manometer adalah proses memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan manometer, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan. Manometer dapat berupa mekanik atau elektronik, dan umumnya digunakan dalam industri seperti HVAC, otomotif, dan manufaktur.

Kalibrasi Pressure Recorder

Lalu ada pressure recorder. Kalibrasi pressure recorder sebenarnya adalah proses verifikasi dan penyesuaian keakuratan perekam tekanan, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur dan merekam tekanan selama periode waktu tertentu. Perekam tekanan umumnya digunakan dalam industri seperti minyak dan gas, kimia, dan manufaktur.

Kalibrasi Vacuum Gauge

Kalibrasi vacuum gauge adalah bagaimana untuk memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan pengukur vakum, yang merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur tingkat vakum atau tekanan negatif dalam suatu sistem atau ruang. Pengukur vakum umumnya digunakan dalam industri seperti manufaktur semikonduktor, kedirgantaraan, dan lapisan vakum.

Kalibrasi Pressure Switch

Pressure switch adalah perangkat yang merasakan perubahan tekanan dan membuka atau menutup sirkuit listrik berdasarkan perubahan tersebut. Pressure switch umumnya digunakan dalam aplikasi industri dan komersial untuk memantau dan mengontrol tingkat tekanan pada peralatan seperti pompa, kompresor, dan sistem HVAC. 

Maka dari itu, kalibrasi pressure switch harus dilakukan karena kepentingannya dalam industri dan komersial yang berkaitan dengan untung rugi dari industri dan juga memenuhi regulasi juga.

Kalibrasi Compound Gauge

Compound gauge adalah pengukur tekanan yang mengukur tekanan positif dan negatif. Kalibrasi compound gauge melibatkan penyesuaian dan pengujian pengukur untuk memastikannya secara akurat menampilkan pembacaan tekanan.

Kalibrasi DWT

Kalibrasi DWT atau Dead Weight bisa dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Berikut ini adalah dua metodenya:

  • Kalibrasi untuk menentukan tekanan yang dibangkitkan oleh sistem piston/silinder dalam keadaan tertentu (untuk kalibrasi DWT kelas industri) 
  • Kalibrasi untuk menentukan massa piston dan massa muatan, serta luasan tepat sasaran dari sistem piston silinder (untuk kalibrasi DWT standard)

Kalibrasi Air Speed Indicator

Selain dalam industri, ruang lingkup kalibrasi tekanan juga ada di dalam sektor transportasi. Salah satunya adalah air speed indicator adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur kecepatan pesawat relatif terhadap udara di sekitarnya. Kalibrasi air speed indicator sangat penting untuk memastikan akurasi dalam operasi penerbangan.

Kalibrasi Tensi Meter

Kalibrasi tensi meter mengacu pada proses pemeriksaan dan penyesuaian keakuratan pengukur tegangan. Tensi meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan berbagai bahan seperti kabel, kabel, serat, dan film. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa pengukur tegangan memberikan pengukuran yang akurat dan andal. Proses kalibrasi melibatkan membandingkan pembacaan pengukur tegangan dengan nilai standar yang diketahui, dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memperbaiki setiap penyimpangan.

Kalibrasi Differential Pressure Gauge

Pressure gauge memiliki berbagai jenis dan kegunaan, salah satunya adalah differential pressure gauge. Differential pressure gauge tidak hanya digunakan untuk mengukur dan menampilkan pembacaan tekanan tetapi juga digunakan sebagai instrumen untuk mengukur tingkat cairan khusus di industri gas (cryogenic).

Karena kegunaannya yang sangat penting dan rawan sekali mengalami deviasi, maka kalibrasi differential pressure gauge sangat penting.

Penggunaan Alat Ukur Tekanan di Sektor Pekerjaan

Rata-rata, alat ukur yang berkaitan dengan tekanan ini adalah di dalam sektor pekerjaan industri. Sangat banyak industri yang menggunakan pressure gauge untuk melakukan pembuatan produk apapun itu.

Kalibrasi di dalam sektor ini bertujuan untuk memenuhi regulasi industri dan juga menyesuaikan dengan standar yang berlaku.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa contoh alat ukur yang perlu di kalibrasi di ruang lingkup tekanan. Laboratorium kalibrasi yang sesuai dengan ruang lingkup ini menjadi peranan penting dalam melakukan kalibrasinya.