Penjelasan Kalibrasi Alat Ukur dan Cara Melakukan Kalibrasinya

kalibrasi alat ukur

Kalibrasi alat ukur, mungkin ini adalah salah satu yang sangat penting untuk dipelajari di dalam kalibrasi di berbagai sektor. Alat ukur sudah pasti memiliki pengukuran yang sesuai dengan standar, maka dari itu pastinya tidak ada alat ukur yang tidak memiliki standar pengukuran, semuanya sama.

Maka dari itu, ada kemungkinan juga pasti saat alat ukur tidak mendapatkan pengukuran yang presisi entah karena faktor produksi atau faktor penggunaan secara terus menerus. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kalibrasi alat ukur? Bagaimana caranya melakukan kalibrasi alat ukur? Mari kita bahas di sini bersama-sama!

Penjelasan Kalibrasi Alat Ukur

Alat ukur banyak sekali jenisnya. Kalibrasi adalah perbandingan antara pengukuran yang diketahui (standar) dan pengukuran menggunakan instrumen Anda. Biasanya, keakuratan standar harus sepuluh kali keakuratan alat pengukur yang diuji. Namun, rasio akurasi 3:1 dapat diterima oleh sebagian besar organisasi standar.

Kalibrasi alat ukur Anda memiliki dua tujuan: memeriksa keakuratan instrumen dan menentukan ketertelusuran pengukuran. Dalam prakteknya, kalibrasi juga termasuk perbaikan alat jika tidak kalibrasi. Laporan diberikan oleh ahli kalibrasi, yang menunjukkan kesalahan dalam pengukuran dengan alat ukur sebelum dan sesudah kalibrasi.

Pentingnya Melakukan Kalibrasi Alat Ukur

Setidaknya jika berbicara tentang kalibrasi untuk alat ukur sangat banyak sekali jenisnya. Mulai dari pengukuran berat, panjang, tinggi, semuanya menjamin alat ukur untuk menjadi lebih presisi tanpa terkecuali.

Pentingnya kalibrasi alat ukur biasanya adalah berbicara tentang keselamatan kerja dan juga keuntungan dalam industri. Akan tetapi, semua ini berbicara tentang akurasi.

Akurasi yang menurun biasanya disebabkan oleh keausan normal. Namun, perubahan akurasi juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik atau mekanis atau lingkungan produksi yang berbahaya (misalnya oli, serpihan logam, dll.). 

Tergantung pada jenis instrumen dan lingkungan tempat instrumen digunakan, instrumen dapat menurun dengan sangat cepat atau dalam jangka waktu yang lama. Intinya adalah bahwa kalibrasi meningkatkan keakuratan alat pengukur. Alat pengukur yang akurat meningkatkan kualitas produk.

Manfaat Kalibrasi Alat Ukur

Alat ukur sangat bisa mendapatkan performa tingkat tingginya kalau dilakukan kalibrasi secara rutin. Setidaknya, beberapa manfaat kalibrasi yang menyadarkan Anda betapa pentingnya kalibrasi alat ukur adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi Standar Nasional dan Internasional
  • Mengurangi Resiko Kegagalan
  • Meningkatkan Akurasi Alat Ukur
  • Menghemat Biaya

Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur

Melakukan kalibrasi alat ukur tidak akan mendapatkan kerugian bagi Anda bukan? Manfaat yang didapatkan akan membuat Anda jauh lebih tenang menggunakan alat ukur yang Anda miliki. Sebagai orang yang sudah melek tentang kalibrasi, alat ukur yang Anda miliki harus dilakukan kalibrasi secara rutin.

Bagaimana cara melakukan kalibrasi alat ukur? Apakah memang sulit? Untuk melakukan kalibrasi alat ukur langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan peralatan kalibrasi
  • Bersihkan alat ukur
  • Tentukan titik kalibrasi
  • Kalibrasi
  • Pengukuran
  • Perhitungan
  • Evaluasi hasil kalibrasi
  • Catat hasil kalibrasi¬†

Terlihat mudah memang, akan tetapi kalibrasi harus dilakukan oleh laboratorium yang sudah terakreditasi karena mereka memiliki personel kalibrasi yang juga sudah bersertifikat yang paham betul tentang sistem kalibrasi alat ukur.

Kesimpulan

Sampai sekarang apakah Anda sudah paham tentang kalibrasi alat ukur? Melakukan kalibrasi alat ukur harus sesuai dengan prosedur yang sudah diterapkan secara Nasional dan juga Internasional. Metode yang digunakan, apa saja yang dihitung, semua harus paham.