Pedoman Mengenai Cara Kalibrasi Landfill Gas Analyzer dan Informasi Jasa Kalibrasi Landfill Gas Analyzer yang Kredibel

jasa kalibrasi landfill gas analyzer

Pembuangan akhir atau TPA seringkali memiliki gas yang cukup berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Di Dalam TPA sendiri memiliki aliran input limbah yang beragam dengan efek rata-rata pada komposisi gas yang berbeda tiap lokasi. 

Gas TPA atau yang dikenal sebagai Landfill gas adalah jenis biogas yang berasal dari penguraian sampah organik di TPA. Setiap sampah organik dapat terurai tanpa adanya oksigen karena mikroorganisme di dalamnya menghasilkan biogas. Jika gas yang dihasilkan dibakar untuk tenaga atau untuk kredit karbon, penting untuk mengetahui terlebih dahulu komposisi spesifik gas tersebut. 

Inilah sebabnya mengapa sistem penganalisa sering diperlukan di suatu tempat . Melalui alat bernama landfill gas analyzer akan memberikan persentase pembacaan volume dari tingkat metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2). Tentunya dalam penggunaan alat ini perlu adanya prosedur kalibrasi yang tepat. 

Oleh karenanya dalam melakukan kalibrasi memerlukan pedoman yang benar agar pengujian tidak mengalami kesalahan. Melalui jasa kalibrasi di Kalibrasi.com Anda dapat percayakan kualitas prosedurnya yang telah berstandar. Namun sebelum itu yuk simak tahapan cara kalibrasi landfill analyzer berikut ini!

Tahapan Cara Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Dari penjelasan sebelumnya Anda tahu bahwa landfill gas analyzer memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembacaan volume dari tingkat metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2). Sebab itulah setiap pembacaan nilai alat ini sangat penting dipastikan keakuratannya melalui kalibrasi.

Dalam penyelenggaraan kalibrasi itu sendiri terdapat pedoman dan prosedur kalibrasi landfill gas analyzer selengkapnya simak penjelasan berikut :

Standar Acuan

Penyelenggaraan kalibrasi di seluruh dunia telah diatur standar acuan berupa ISO/IEC Guide 17025:2005. Di Indonesia sendiri telah mengadopsi standar ini dalam standar acuan SNI ISO/IEC 17025 yang mengharuskan setiap lembaga atau laboratorium memenuhi persyaratan dalam penyelenggaraan kalibrasi.

Metode

Metode atau teknik digunakan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan kalibrasi. Di Dalam penyelenggaraan kalibrasi di Kalibrasi.com metode yang digunakan sudah sesuai dan mengikuti standar yang berlaku.

Langkah-langkah Kalibrasi

Prosedur yang kalibrasi memiliki beberapa langkah atau tahapan yang wajib diperhatikan. Adapun penjelasan selengkapnya berikut ini 

  • Persiapan, pada tahap persiapan dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan ukur,  kondisi lingkungan, metode serta teknisi kalibrasi yang berkompeten.
  • Pelaksanaan, tahapan dilakukan dengan mengamati kemudian diatur ulang. Hasilnya kemudian dibandingkan pada sebelum dan sesudah dikalibrasi.  
  • Menghitung Data, data hasil pengamatan selanjutnya dihitung dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. 
  • Menentukan Ketidakpastian, ketidakpastian didapat dari hasil perhitungan yang menjadi parameter dalam menentukkan ketidakpastian kalibrasi 
  • Membuat Laporan, tahap terakhir yaitu membuat laporan kalibrasi yang disusun berdasarkan pedoman standar kalibrasi.

Interval Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Tidak berbeda jauh dengan metode pastinya dalam penyelenggaraan kalibrasi dibutuhkan sebuah interval atau yang kerap disebut sebagai rentang ukur. Sebuah interval dalam nilai tertentu untuk mengidentifikasi terjadinya nilai penyimpangan dalam rentang ukur tertentu.

Pentingnya Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Berdasarkan hal tersebut, dapat dilakukan penyesuaian atau perbaikan untuk mengembalikan kondisi aman dan mengoptimalkan nilai gas yang ditunjukkan oleh Alat. Kalibrasi itu penting karena berguna untuk mengetahui apakah ada kebocoran udara masuk dalam sistem dan mendeteksi kebakaran di bawah permukaan. 

Dengan dikalibrasi akan membantu landfill analyzer tetap sesuai sebagaimana mestinya standar alat ini. Penting juga untuk mengetahui informasi pembacaan secara terus menerus itulah mengapa proses kalibrasi wajib dilakukan secara berkala. 

Informasi Jasa Kalibrasi Landfill Gas Analyzer Terbaik di Kalibrasi.com

Dari penjelasan yang telah disampaikan, kalibrasi bukanlah prosedur dan pekerjaan yang mudah dilakukan. Oleh karenanya dalam melakukan kalibrasi diperlukan jasa kalibrasi dengan teknisi yang sudah berkompeten seperti Kalibrasi.com. Di Kalibrasi.com telah tersedia jasa kalibrasi landfill gas analyzer yang sudah diakui kredibilitasnya.

Kalibrasi.com sebagai digital platform penyedia jasa kalibrasi yang menyediakan dan melayani permintaan jasa kalibrasi pada berbagai ruang lingkup. Kalibrasi.com juga telah menjalin kerjasama dengan para vendor yang sudah berpengalaman.  Sehingga prosedur yang dilakukan sesuai sebagaimana pedoman yang berlaku. Lebih lengkap mengenai Kalibras.com selengkapnya berikut ini!

Mitra

Kalibrasi.com telah diakui kredibilitas nya dalam melakukan kalibrasi. Dengan Semua mitra yang terlibat didalamnya telah memenuhi dan lulus akreditasi oleh KAN sebagai lembaga yang di berkompeten dalam menyelenggarakan kalibrasi.

Harga

Mengenai harga atas permintaan jasa kalibrasi landfill gas analyzer Anda tidak perlu khawatir. Kalibrasi.com menawarkan biaya penanganan atas jasa kalibrasi alat dengan harga terjangkau dari para pesaingnya.

Info Kontak

Apabila Anda membutuhkan informasi kontak dan lebih mengenai permintaan jasa kalibrasi landfill gas analyzer di Kalibrasi.com Anda dapat mengunjungi laman resmi Kalibrasi.com pada bagian ‘Hubungi Kami’ atau klik ‘Buat Permintaan kalibrasi’.