Petunjuk Mengenai Cara Kalibrasi Inductivity Meter dan Info Jasa Kalibrasi Inductivity Meter Kredibel

jasa kalibrasi inductivity meter

Inductivity Meter adalah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur kemampuan Daya Hantar Listrik (DHL) atau nilai konduktivitas listrik suatu larutan ataupun air dalam suatu perairan. Alat ini menjadi salah satu peralatan penting yang digunakan dalam berbagai bidang khususnya yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, kebutuhan industri, serta kebutuhan air minum.

Sebagai sebuah alat ukur tentunya alat ini membutuhkan perawatan untuk memberikan kepastian akan hasil pengukuran. Untuk itu lakukanlah kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah terpercaya seperti Kalibrasi.com. Disini prosedur kalibrasi dapat dipastikan sudah dilakukan sesuai dengan pedoman yang berlaku. 

Untuk melakukan kalibrasi memerlukan pedoman yang benar agar prosedur yang dilakukan tidak mengalami kesalahan. Lalu apa sajakah pedoman yang harus diperhatikan tersebut? simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Petunjuk Cara Kalibrasi Inductivity Meter

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Melakukan kalibrasi tidak dapat dilakukan asal  melainkan terdapat pedoman supaya tidak terjadi kesalahan khususnya dalam kalibrasi Inductivity Meter. Apa sajakah pedoman tersebut? simak berikut ini!

Standar Acuan

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam penyelenggaraan kalibrasi di seluruh dunia telah diatur standar acuannya dalam standar kalibrasi ISO/IEC Guide 17025:2005. Dalam sistem standar tersebut mengharuskan suatu lembaga atau laboratorium memiliki sistem yang efektif, berkualitas dan konsisten dalam melakukan kalibrasi.

Metode

Sebuah metode atau teknik digunakan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan kalibrasi. Di Dalam penyelenggaraan kalibrasi Inductivity Meter di Kalibrasi.com metode yang digunakan adalah TO-IA-2.01. Metode tersebut sudah sesuai dan mengikuti standar yang berlaku sebagaimana standarnya.

Langkah-langkah Kalibrasi

Sebagai sebuah prosedur tentunya terdiri dari tahapan-tahapan penting yang harus dilakukan secara terstruktur untuk mencapai tujuan kalibrasi. Berikut prosedur kalibrasi yang harus dilakukan, antara lain :

  • Persiapan. Pada tahap awal adalah persiapan yaitu melakukan mempersiapkan pada alat dan bahan ukur, mengecek kondisi lingkungan, metode kalibrasi yang digunakan serta teknisi kalibrasi yang berkompeten.
  • Pelaksanaan. Tahap kedua adalah pelaksanaan, pada tahap ini alat ukur akan diamati kemudian diatur ulang. Hasil pengamatan kemudian dibandingkan pada sebelum dan sesudah dikalibrasi.
  • Penghitungan Data dan Ketidakpastian. Pada tahapan ini data yang telah didapatkan kemudian dihitung. Hasilnya menjadi parameter dalam menentukkan ketidakpastian kalibrasi dan kesimpulan kalibrasi
  • Merancang dan Menerbitkan Laporan. Sebelum diterbitkan laporan dirancang konsepnya terlebih dahulu kemudian dibuat laporan kalibrasi. Laporan yang telah selesai kemudian disahkan untuk diterbitkan.

Interval Kalibrasi  Inductivity Meter

Interval kalibrasi adalah waktu kapan harus kalibrasi lagi. Sebagaimana posedurnya kalibrasi dilakukan apabila alat sudah habis masa kalibrasinya atau telah menunjukkan hasil kerja yang tidak akurat. Interval juga berkaitan dengan identifikasi batas nilai toleransi. Untuk interval kalibrasi Inductivity Meter biasanya berkisar antara 1μS/cm dan 5μS/cm.

Pentingnya Kalibrasi Inductivity Meter

Berdasarkan yang telah dibahas di awal penjelasan Inductivity Meter berperan penting untuk mengukur kemampuan  nilai konduktivitas listrik suatu larutan ataupun air dalam suatu perairan. Nah untuk memastikan bahwa alat tersebut memberikan hasil pengukuran yang akurat dan sesuai dengan standar yang berlaku maka kalibrasi secara rutin penting dilakukan.

Dengan melakukan kalibrasi secara rutin, inductivity meter dapat berfungsi dengan baik dan memberikan data pengukuran yang konsisten. Hal ini karena kalibrasi akan membuat alat ukur terjaga performanya sebagaimana spesifikasi dari alat tersebut

Info Jasa Kalibrasi Inductivity Meter Terakreditasi di Kalibrasi.com

Seperti yang kita ketahui bersama pada penjelasan sebelumnya akan peran penting dari inductivity meter. Maka keakuratan alat sangat dibutuhkan untuk keselamatan dan keamanan baik dari penggunaan maupun hasil pengukuran alat tersebut. Oleh karenanya pilihlah jasa kalibrasi yang telah terakreditasi seperti Kalibrasi.com

Kalibrasi.com adalah sebuah platform yang menyediakan layanan jasa kalibrasi terpercaya dan  berkompeten dalam penyelenggaraan kalibrasi. Platformnya ini menyediakan dan melayani jasa kalibrasi pada berbagai ruang lingkup yang cukup luas. informasi di bawah mungkin akan membantu Anda mengenal Kalibrasi.com selengkapnya berikut ini!

Mitra

Mitra yang bergabung dalam Kalibrasi.com telah berkompeten dalam melakukan pengujian kalibrasi terlebih mitra-mitra ini telah melalui verifikasi dan terakreditasi oleh KAN sebagai lembaga atau laboratorium yang konsisten dalam melakukan pengujian dan kalibrasi

Harga

Kalibrasi.com memberi kemudahan dalam permintaan jasa kalibrasi, begitupun dalam memberikan harga. Biaya atas penanganan permintaan jasa kalibrasi yang lebih terjangkau daripada platformnya lainnya.

Info Kontak

Lakukan kalibrasi segera pada Inductivity Meter Anda di Kalibrasi.com. Jika Anda membutuhkan informasi kontak dan pertanyaan seputar jasa kalibrasi Inductivity Meter Anda dapat mengunjungi website resmi Kalibrasi.com di bagian ‘Hubungi Kami’.