Pedoman Mengenai Cara Kalibrasi Pressure Gauge dan Informasi Jasa Kalibrasi Pressure Gauge Terpercaya

jasa-kalibrasi-pressure-gauge

Pressure gauge atau pengukur tekanan dapat ditemukan aplikasinya yang sangat luas di berbagai industri dan sektor, mulai dari tugas sederhana seperti menggembungkan ban mobil hingga proses rumit yang terlibat dalam pembuatan komponen kedirgantaraan. Meskipun sering digunakan dan tampaknya langsung, pressure gauge sering diabaikan dalam hal pemeliharaan. Salah satu pemeliharaanya adalah dengan melakukan kalibrasi.

Kalibrasi pressure gauge yang tepat dapat dicapai melalui berbagai metode, termasuk menggunakan pompa uji pneumatik/hidraulik (bersama pengukur referensi yang sangat akurat) atau penguji tekanan bobot mati. Opsi mana pun yang Anda pilih, harus dilakukan oleh profesional berpengalaman menggunakan peralatan kalibrasi bersertifikat dan berkualitas tinggi. Karena mereka paham betul cara dan juga metode yang digunakan.

Instruksi Cara Kalibrasi Pressure Gauge

Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa melakukan kalibrasi pressure gauge sendiri, yang jelas adalah jika Anda melakukan kalibrasi sendiri maka Anda tidak bisa mendapatkan ketertelusuran kalibrasi pressure gauge tersebut. Padahal itu yang sangat penting.

Laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi akan mengukuti instruksi cara kalibrasi pressure gauge dengan cara yang benar, yaitu ada standar acuan, metode, dan juga langkah-langkah kalibrasinya.

Standar Acuan

Dengan menggunakan media tekanan yang sesuai (gas atau cairan), pompa uji memberikan tekanan simultan melalui port input yang terdapat di kedua sisi pompa, ke pressure gauge yang sedang diuji serta ke pengukur referensi digital.

Yang sudah pasti dari standar acuan kalibrasi pressure gauge adalah dari SNI dan juga ISO. Standar acuan ini sangat penting mengingat kalibrasi harus mendapatkan hasil pengukuran yang kredibel.

Metode

Pressure gauge harus dilakukan kalibrasi dengan menggunakan metode yang jelas. Untuk kalibrasi pressure gauge, laboratorium kalibrasi yang sudah tersertifikasi akan menggunakan metode kalibrasi BS EN 837-1 : 1998.

Langkah-Langkah Kalibrasi

Ada beberapa langkah kalibrasi untuk pressure gauge yang sudah sesuai dengan prosedur, yaitu:

  • Persiapan
  • Pelaksanaan kalibrasi
  • Pencatatan pengukuran
  • Pencatatan ketidakpastian kalibrasi
  • Melakukan evaluasi
  • Menyusun hasil kalibrasi

Setelah pengujian dilakukan, sertifikat kalibrasi harus dilengkapi dengan catatan hasil kalibrasi, termasuk interval kalibrasi dan batas kesalahan, yang harus disimpan untuk memahami kondisi dari pressure gauge tersebut.

Interval Kalibrasi Pressure Gauge

Sebenarnya untuk interval kalibasi pressure gauge tergantung dengan kondisinya. Jika instrumen keluar dari kalibrasi dan terakhir dikalibrasi 24 bulan yang lalu, maka semua item yang diproses menggunakan data yang diambil dari pressure gauge yang dicurigai juga akan dicurigai dan mungkin perlu ditarik kembali. Sedangkan jika instrumen dikalibrasi 12 bulan yang lalu lebih sedikit item yang dicurigai yang perlu ditarik kembali.

Pentingnya Kalibrasi Pressure Gauge

Adanya kalibrasi pada pressure gauge memang tidak bisa disepelekan. Maklum, dengan pressure gauge yang jadi kunci untuk proses di dalam industri, bisnis perlu meminimalkan jumlah waktu yang dihabiskan peralatan di luar lokasi untuk dikalibrasi.

Informasi Jasa Kalibrasi Pressure Gauge Kredibel di Kalibrasi.com

Sekarang Anda sudah tahu instruksi dari cara kalibrais pressure gauge yang tepat. Sekarang Anda tinggal mencari saja jasa kalibrasi pressure gauge yang terpercaya atau kredibel. Saat ini, Anda bisa mempercayakan Kalibrasi.com untuk memesan jasa kalibrasi pressure gauge yang handal.

Bukan tidak mungkin, Kalibrasi.com menawarkan berbagai penawaran yang sangat menarik yang tidak mungkin Anda lewatkan. Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com memberikan hasil kalibrasi yang kredibel untuk pressure gauge Anda.

Mitra

Penawaran yang pertama adalah dari segi mitra. Semua mitra di Kalibrasi.com merupakan laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional. Jadi, pengerjaannya dijamin sudah sesuai standar dan kredibel.

Harga

Selain itu, ada penawaran soal harga. Harga yang akan ditawarkan kepada Anda dijamin yang paling terjangkau. Untuk jasa kalibrasi pressure gauge yang murah dan terpercaya, tentu saja Anda tidak akan melewatkannya bukan?

Info Kontak

Jika Anda tertarik menggunakan jasa kalibrasi pressure gauge dari Kalibrasi.com, Anda bisa mengunjungi website Kalibrasi.com dan klik saja di informasi kontaknya.